πŸ’ž PENERAPAN PANCASILA DALAM KEHIDUPAN SEHARI HARI πŸ’ž

πŸ’ž PENERAPAN PANCASILA DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI πŸ’ž

  

A.Identitas
Nama lengkap: Desi Seasiliya Feronika      
Kelas : XII.5
Motto hidup : Jangan takut gagal, takutlah untuk tidak mencoba


B.KEGIATAN YANG TELAH DI LAKUKAN 

  1. KEGIATAN DI RUMAH

Gambar 1 : Saya sedang membersihkan Rumah,Kegiatan ini saya lakukan setiap hari 
seperti menyapu,lap meja,cuci piring dll 
 
     
   2.KEGIATAN DI SEKOLAH


Gambar 2 : Saya dan teman berdiskusi tentang kerja kelompok saat jam istirahat, membahas tugas dan membagi peran masing-masing.


 3.KEGIATAN DI MASYARAKAT 


Gambar 3 : Saya menghadiri acara duka atas meninggalnya abang sepupu sebagai bentuk kepedulian terhadap keluarga dan lingkungan sekitar.


 4.KEGIATAN BERBANGSA DAN BERNEGARA


Gambar 4: Saya memakai helm saat berkendara sebagai bentuk kepatuhan terhadap peraturan dan tanggung jawab sebagai warga negara.




C.PENERAPAN NILAI-NILAI PANCASILA KEHIDUPAN SEHARI-HARI 

 1. Kegiatan di Rumah
Kegiatan membersihkan rumah seperti menyapu, lap meja, dan mencuci piring mencerminkan Sila ke-2 (Kemanusiaan yang adil dan beradab) karena menunjukkan rasa peduli dan kasih sayang terhadap keluarga, serta Sila ke-5 (Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia) karena saya turut serta dalam pembagian tugas secara adil di rumah.


  2. Kegiatan di Sekolah
Saat berdiskusi bersama teman mengenai kerja kelompok, kami saling menghargai pendapat dan membagi tugas dengan adil. Kegiatan ini mencerminkan Sila ke-4 (Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan) karena kami menyelesaikan tugas dengan musyawarah.


3. Kegiatan di Masyarakat
Menghadiri acara duka atas meninggalnya abang sepupu mencerminkan Sila ke-2 (Kemanusiaan yang adil dan beradab) karena saya menunjukkan empati kepada keluarga yang berduka, serta Sila ke-3 (Persatuan Indonesia) karena menjaga kebersamaan dalam lingkungan masyarakat.


  4. Kegiatan Berbangsa dan Bernegara
Memakai helm saat berkendara mencerminkan Sila ke-3 (Persatuan Indonesia) dan Sila ke-5 (Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia) karena saya menunjukkan kepatuhan terhadap aturan demi keselamatan bersama.



D. DAMPAK KEGIATAN BAGI DIRI SENDIRI

Dari kegiatan yang telah saya lakukan dalam rangka penerapan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari:
1. Menumbuhkan rasa disiplin dan tanggung jawab:
Dengan membiasakan diri membantu orang tua dan mematuhi aturan, saya belajar menjadi pribadi yang bertanggung jawab dan disiplin dalam kehidupan sehari-hari.


2.Meningkatkan rasa empati dan peduli:
Saat menghadiri acara duka dan bekerja sama dengan teman, saya belajar untuk lebih memahami perasaan orang lain dan peduli terhadap lingkungan sekitar.


3.Melatih kemampuan bekerja sama:
Diskusi kerja kelompok melatih saya untuk mendengarkan pendapat orang lain, berbagi tugas, dan menghargai keputusan bersama.


E. DAMPAK KEGIATAN BAGI ORANG DI SEKITAR

Dari kegiatan yang telah saya lakukan dalam rangka penerapan nilai-nilai Pancasila, orang-orang di sekitar saya menjadi:

1. Meningkatkan kebersamaan dalam keluarga:
Dengan membantu pekerjaan rumah, suasana di rumah menjadi lebih rukun dan saling menghargai antar anggota keluarga.


2.Menumbuhkan semangat kerja sama di sekolah:
Teman-teman menjadi lebih terbuka dan kompak karena terbiasa berdiskusi dan saling membantu saat kerja kelompok.


3. Meningkatkan kepedulian sosial di masyarakat:
Kehadiran saya dalam acara duka memberi dukungan moral bagi keluarga yang berduka dan mempererat hubungan sosial.

4. Menjadi contoh dalam mematuhi aturan:
Dengan memakai helm, saya memberi contoh positif bagi teman-teman dan orang lain untuk taat terhadap aturan lalu lintas.

Komentar

Posting Komentar